Langkah-Langkah Pembuatan Kolam Renang


Bapak/ibu yang berbahagia... , kami disini akan menyampaikan "Tahapan atau urutan dalam membuat kolam renang"

Berikut ini adalah tahap-tahap dalam pembuatan kolam renang

1. Survey
Sebelum pembangunan kolam renang dilaksanakan, perlu dilakukan survey. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan data yang lengkap, yang nantinya data ini akan digunakan untuk menyusun rencana pembuatan kolam renang.

2. Perencanaan
Tahap awal dalam pembuatan kolam renang adalah perencanaan. Perencanaan ini sangat penting karena semakin jelas perencanaan hasil akhir yang akan dicapai pun semakin nyata.
Perencanaan itu antara lain : Bentuk kolam, Ukuran kolam, Kedalaman yang diinginkan, Rencana pemipaan, Rencana ruang pompa, Mesin yang akan digunakan, dll.

3. Penggalian tanah
Penggalian tanah dilaksanakan berdasarkan rencana yang telah dibuat, meliputi bentuk kolam, ukuran, dan kedalaman kolam yang diinginkan.

4. Pemasangan bata
Pemasangan bata untuk dinding kolam. Pemasangan bata ini selain untuk dinding kolam juga untuk mengantisipasi resiko longsornya sisi kolam yamg sedang dibuat.

5. Instalasi Pemipaan
Instalasi pemipaan meliputi : Jalur-jalur pipa, penentuan titik inlet, maindrain,dan vakum serta pemipaan jalur air tumpahan (untuk kolam dengan sistem overflow atau semi overflow).

6. Pembesian
Pada pekerjaan ini membutuhkan ketelitian. Pembesian merupakan salah satu faktor penentu  kekuatan sebuah konstruksi, termasuk konstruksi kolam renang.

7. Bekesting
Pekerjaan bekesting juga memerlukan ketelitian karena ini merupakan cetakan cor yang harus dibuat kuat dan tepat sehingga hasil cor nantinya sesuai rencana.

8. Pengecoran
    a. Minimal menggunakan mutu beton K 225
    b. Diusahakan selesai dalam 1 (satu) hari

9. Pembongkaran bekesting
Bekesting dibongkar setelah cor berumur 21 hari

10. Grouting
Setelah pembongkara bekesting selesai, apabila ditemukan cor yang tidak rapat segera dilakukan grouting/pengisian cor yang tidak rapat agar kolam rapat sesuai yang diharapkan.

11. Plester kolam
Tebal plesteran yang direkomendasikan antara 2,5cm sampai 5cm

12. Pasang keramik/mozaik
13. Pembuatan ruang pompa
14. Pasang mesin kolam
15. Pengisian air
16. Water treatment
Water treatment adalah proses penjernihan kolam renang.

17. Kolam renang siap digunakan.
18. Perawatan rutin
Agar kejernihan kolam selalu terjaga maka perlu adanya perawatan rutin.

==============================

Bapak/ibu yang menginginkan kolam renang, baik itu membuat kolam maupun treatment dan perawatannya, silakan kontak kami :

Pak Teguh
HP/WA    0818 041 78781
atau klik : http://wa.orderlink.in/no/6281804178781